Loading...

Saturday, April 12, 2008

VLC with Unicode Subtitle

It's been a while since my last post, 've been thinking for an idea to written here and finally just got one after struggling with my VLC.
I guess you're already familiar with the player, right? most handy media player without need of any codecs. I was playing an Jdorama SP (Special episode of a particular Japanese drama series) with softsub subtitle, separate srt file, but wondering why the player displays array of squares instead of Japanese characters as written in the sub file.
Somehow I found the fix for it. Perhaps you already noticed the default VLC subtitle font is Arial. You may not know that this font does not support Unicode character such as Japanese, Chinese, Korean characters. I change the default font to Arial Unicode, which is the extended version of Arial, the characters are then displayed properly now.
[ VLC Settings » Preferences » Video » Subtitles » Text Renderer ]

I was thinking whether I can use any other fonts other than Arial Unicode that also supports Unicode, since I find Arial "has pretty standard appearance", unfortunately my Windows XP has only 1 font type supporting Unicode character.

FYI, the fonts can be found in the WINDOWS\Fonts folder, which by default inside the C: drive. Arial Unicode is stored as ARIALUNI.TFF
Btw, I was watching Proposal Daisakusen - Operation Love (プロポーズ大作戦). I think it's the best Jdorama I've ever watched or should I say "It's the only good Jdorama so far"? :p

Thursday, December 6, 2007

Sony Remote atau Apple Remote?

Daripada bengong nungguin jarum jam gerak ampe 0030 buat mulai conference call ama orang2 Houston, mending ngepost di sini:


Gambar di atas kalo diliat sepintas terliat kaya ada 3 buah apel di atas mangkok putih. Ada 1 apel yang laen ada di atas meja. Sebenernya "apel-apel" itu adalah 4 buah remote control TV yang baru saja dirilis. Sedangkan "mangkok"-nya bisa meng-charge batere remote. Lumayan menarik buat hiasan meja.

Kalo diliat dari designnya, mirip design2 iPod-nya Apple. Tapi jangan salah, remote control itu gress dari Sony. Beberapa remote control dalam satu set memang sengaja dibuat untuk dipakai beberapa orang karena tiap orang punya selera setting TV yang berbeda-beda. Remote control didesign mirip apel yang ketika diputar ke kanan akan menambah volume suara TV, begitu juga sebaliknya.

Hmm, gimana ya, udah nulis gini tapi masih jam 2330, masih sejam lagi, rek!
mana orang2 flat udah pada tidur ...

Saturday, November 17, 2007

301 Flat

Bingung mau nulis dimana, tulis disini aja ah:
1. Yang dibagi rata ber6: 2 bulan deposit, agen, stamping, PUB = 6196 + 25
2. Hmm, apa lagi ya? (tar deh kalo ketemu langsung ditulis disini)

Saturday, November 10, 2007

Google Android

Android, salah satu dari seabreg perusahaan yang diakuisisi Google baru-baru ini, adalah juga produk Google terbaru berupa open-source OS untuk perangkat bergerak berbasis Linux, saingan baru buat Symbian-nya Nokia & Sony Ericsson, RIM punya Blackberry, Windows Mobile-nya Microsoft, Palm OS dan tentu saja iPhone-nya Apple.

Ngga tanggung-tanggung, Google mengajak 33 perusahaan lain untuk ambil bagian dalam Open Handset Alliance (OHA) sebagai sponsor Android. Beberapa diantaranya:
1. Telco : T-Mobile, NTT-Docomo, China Mobile
2. Handset : Motorola, Samsung, LG
3. Semicon : Intel, NVidia, TI

Dilihat dari perusahaan handset yang terlibat di OHA, kayaknya Android bakal berhadapan head to head dengan Symbian yang komposisi pemiliknya: Nokia (47.9%), Ericsson (15.6%), Sony Ericsson (13.1%), Panasonic (10.5%), Siemens AG (8.4%), meski Samsung juga memiliki kontribusi 4.5%.

Wajar kalau Motorola ikut ambil bagian di OHA. Platform MOTOMAGX (baca: MotoMagics) -nya yang baru, yang juga berbasis Linux + Java tampaknya kurang begitu sukses. Motorola malah berpikir untuk memakai Symbian untuk ponsel-ponsel baru-nya yang akan datang. Jadi inget kata mantan managerku:
MOTOMAGX only costs us $4 per-phone
but for Symbian, we need to pay $12 per-phone, which is like giving big amount of money to Nokia & Sony Ericsson

Rutinitas Baru Pagi Hari

Nah ini dia informasi penting buat minggu depan. Beberapa kereta MRT jalur merah yang sampe di jam tertentu bakal ditransfer ke jalur hijau. Jadwal kereta yang bakal berguna karena mulai minggu depan, pagi-pagi musti berangkat dari Marsiling MRT Station - jalur merah bagian atas, maklum deket Malaysia :p - ke Commonwealth, bagian bawah jalur hijau. Tepatnya di daerah Alexandra Road.

Hmm, kalo diitung jaraknya kira2 11 MRT station, persis kaya jarak Jurong East - Khatib yang kulewati tiap pagi taun lalu :p

Beberapa info penting yang laen (daripada buka website transitlink lagi buat cari2 rute bus):
1. Alexandra Road via Commonwealth MRT » Bus 111
2. Alexandra Road via Dover MRT » Bus 166
3. Alexandra Road - NUS » Bus 97, 963 turun di NUH, Buona Vista Flyover, transfer Bus 95

Saturday, November 3, 2007

Freezing Point Depresssion

Kulkas barusan diperbaiki. Bagian bawah, yang bukan freezer, yang tadinya sama sekali ngga dingin - mirip ama punya GT yang dulu :p - tiba-tiba malah jadi dingin banget. Ada kejadian menarik, air putih Abrar membeku jadi es dan Osmanthus Gui Hua-ku walaupun dingin tapi ternyata masih cair.

Baru ngeh juga sih, kalau air dalam larutan punya titik beku yang lebih rendah daripada air murni. Kalau kata wikipedia
Freezing Point Depression:
a solution has a lower freezing point than a pure solvent

Gui Hua jelas bukan air murni, di komposisinya aja ada bahan sucrose. Ngga heran titik bekunya lebih rendah daripada air putihnya Abrar.

Lebih jelasnya bisa diliat di gambar di bawah:
Legend:
Gui Hua-ku
Air Putih Abrar

Ada tambahan info juga dari gambar: Boiling point elevation, ada yang mau coba experiment pake Gui Hua juga? :p

Friday, November 2, 2007

10:10:30

Sering liat iklan jam terutama yang model analog? pastinya sering donk ..
Iklan jam, apapun itu bentuknya: jam tangan, dinding, jam di hape, dll biasanya nampilin jarum pendek di angka 10, jarum panjang di angka 2, jarum detiknya sebagian ada yang menunjuk ke angka 6 kaya iklan di samping ini.

Apa sih bagusnya?
Menurutku sih, ada beberapa tujuan kenapa di iklan, jam nunjukin waktu 10:10, di beberapa iklan jam malah lebih ngepas lagi di 10:10:30.
Alasan yang mungkin paling logis, karena logo persusahaan pembuatnya ada tepat di bawah angka 12. Biar merknya keliatan, disetlah waktunya ke 10:10
Alasan yang laen, mungkin karena bentuknya bagus, simetris (terutama kalo nunjukin 10:10:30). Pernah baca-baca juga, katanya jam 10:10 itu nunjukin emoticon senyum.
Gimana, setuju?